TOKO AGROBIS

PRODUK
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik LDPE, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, Kantong Sampah Plastik, dll.


HUBUNGI KAMI
• SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950
• Phone/Fax:031-8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Kegunaan Paranet untuk Budidaya Tanaman

Kegunaan Paranet untuk Budidaya Tanaman - Hallo sahabat Pusat Informasi Agrobis, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Kegunaan Paranet untuk Budidaya Tanaman, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berbagai Macam Paranet, Artikel Manfaat & Fungsi Paranet, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Kegunaan Paranet untuk Budidaya Tanaman
link : Kegunaan Paranet untuk Budidaya Tanaman

Baca juga


Kegunaan Paranet untuk Budidaya Tanaman

Dalam kegiatan budidaya tanaman, baik tanaman pangan, hortikultura, tanaman hias dan lainnya sering kali kita mengalami berbagai gangguan yang menyebabkan kegagalan budidaya yang kita lakukan. Gangguan ini bisa diakibatkan gangguan cuaca maupun hama tanaman. Gangguan cuaca seperti hujan lebat dan angin kencang sering kali membuat kita gagal panen. Hujan lebat dan angin kencang dapat meruntuhkan tanaman, biasanya pada tanaman padi. Hujan lebat juga dapat merusak bibit tanaman. Bibit tanaman yang belum memiliki akar kuat dan dalam biasanya terkeluarkan dari tanah, karena tanah di sekelilingnya habis tersapu hujan.

Gangguan cuaca lain misalnya cuaca panas dan sinar matahari yang berlebihan, untuk beberapa tanaman kondisi seperti cocok untuk pertumbuhannya. Misalnya tanaman anggrek, hanya membutuhkan sinar matahari sekitar 20% sampai 30% saja. Jika sinar matahari berlebihan lebih tinggi dari itu, maka tanaman anggrek akan rusak. Namun disisi lain juga jika sinar matahari terlalu sedikit, anggrek tidak akan tumbuh dengan baik.

Gangguan bagi tanaman juga biasanya berasal dari hewan-hewan pengganggu atau hama tanaman. Hewan-hewan pengganggu seperti burung, ayam, kambing, sering menggangu tanaman. Misalnya burung, sering memakan bulir padi di sawah. Bahkan petani harus kerepotan memasang orang-orangan sawah dan mengontrol setiap pagi dan sore untuk mengusir burung-burung tersebut.

Apakah ada solusi untuk semua masalah itu? Tentu ada. Solusinya adalah dengan menggunakan paranet. Paranet adalah semacam jaring yang pada awalnya diperuntukan untuk mengurangi intensitas sinar matahari ke lahan atau tanaman. Namun ternyata, tidak hanya itu. Paranet khususnya bagi budidaya tanaman memiliki banyak manfaat lain, diantaranya adalah:

1.Menaungi dan menahan sinar matahari agar tidak melukai tanaman.
Dengan menggunakan paranet, sinar matahari ke lahan atau tanaman dapat di atur sesuai kebutuhan. Beberapa jenis tanaman tidak menyukai sinar matahari berlebihan. Karena akan melukai tanaman tersebut. Misalnya tanaman anggrek, biasanya hanya membutuhkan sinar matahari dalam jumlah sedikit, yakni antara 20% sampai 30% saja. Jika sinar matahari terlalu banyak, bunga anggrek dapat terluka yang ditandai dengan bagian seperti terbakar dan kering. Jika dibiarkan ini akan membuat anggrek tidak akan terlihat cantik dan menurunkan nilai jualnya.

Paranet dapat mengontrol dan mengurangi sinar matahari ke lahan atau tanaman. Dengan kerapatan yang beragam, paranet dapat dipilih sesuai kebutuhan. Kerapatan paranet menunjukan persentase sinar matahari yang dapat dihalaunya. Misalnya saja paranet dengan kerapatan 65%, artinya sebanyak 65% sinar matahari dapat dihalau agar tidak sampai ke tanaman, dan hanya 25% saja yang sampai ke tanaman atau lahan.

2.Membantu menahan air hujan dan angin.
Dengan kerapatannya, paranet dapat memecah butiran hujan dan membagi tenaga angin yang berhembus. Butiran hujan yang jatuh dari langit memiliki tekanan tinggi, jika hujan ini langsung mengenai tanaman atau tanah, maka tanah akan terkikis dan dapat merusak daun tanaman. Dengan paranet, hujan akan dipecah menjadi butiran kecil dan menurunkan tekananannya, sehingga aman bagi tanaman maupun lahan. Hal serupa juga terjadi pada angin.

3.Mengontrol ventilasi udara dan temperatur.
Meskipun udara dihalangi dengan paranet, namun udara tersebut tetap dapat melewati paranet namun dengan tekanan yang rendah. Artinya adalah paranet tetap mempertahankan sirkulasi udara ke tanaman dan lahan dengan baik. Sehingga suhu tanaman dan udara tetap terjaga agar tidak terlalu tinggi.

4.Melindungi tanaman dari serangan burung atau hewan pengganggu.
Nah itulah beberapa manfaat penggunaan paranet khususnya untuk budidaya tanaman dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Mulai dari bidang pertanian, peternakan sampai perikanan, paranet bisa dimanfaatkan. Segera gunakan paranet sekarang juga, dan dapatkan manfaatnya bagi tanaman Anda.


Demikianlah Artikel Kegunaan Paranet untuk Budidaya Tanaman

Sekianlah artikel Kegunaan Paranet untuk Budidaya Tanaman kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Kegunaan Paranet untuk Budidaya Tanaman dengan alamat link http://www.agrobis123.com/2016/05/kegunaan-paranet-untuk-budidaya-tanaman.html

0 Response to "Kegunaan Paranet untuk Budidaya Tanaman"

Posting Komentar

Ayo gabung di Info Pertanian