TOKO AGROBIS

PRODUK
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik LDPE, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, Kantong Sampah Plastik, dll.


HUBUNGI KAMI
• SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950
• Phone/Fax:031-8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Mengenal Sistem Pengemasan Karung

Mengenal Sistem Pengemasan Karung - Hallo sahabat Pusat Informasi Agrobis, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mengenal Sistem Pengemasan Karung, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Info Pertanian, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Mengenal Sistem Pengemasan Karung
link : Mengenal Sistem Pengemasan Karung

Baca juga


Mengenal Sistem Pengemasan Karung


Mengenal Sistem Pengemasan Karung
Karung adalah wadah besar untuk menyimpan, biasanya digunakan untuk menyimpan beras, biji jagung, pakan ternak, kedelai, aneka bahan pangan mentah, dan lain sebagainya. Peyimpanan menggunakan karung umum digunakan karena kemudahan dalam menyimpan sekaligus kelenturan karung setelah selesai digunakan. Karung termasuk wadah yang fleksibel, mudah dipakai dan dapat digunakan berulang-ulang.

Secara tradisional, penggunaan karung sudah umum digunakan pada berbagai level pertanian Indonesia. Mulai dari awal proses persiapan pertanian hingga panen, karung sangat dibutuhkan untuk pengangkutan media tanam, pupuk, benih, bibit, dan lain berbagai produk pertanian, perikanan dan lain sebaginya. Penggunaan karung sangat familier bagi para petani, pedagang, pekerja sektor perikanan, peternak, dan berbagai pekerjaan lainnya.

Familiernya karung dalam kehidupan sehari-hari kita ini membuat karung menjadi bagian dari kehidupan tradisional masyarakat Indonesia. Hingga padan berbagai even hari besar nasional kita menjumpai permainan menggunakan media karung untuk perlombaan, yakni balap karung. Pada permainan ini karung tidak digunakan sebagai wadah, akan tetapi dimanfaatkan untuk menutup kedua kaki dan melakukan perlombaan lari atau loncat cepat dari garis start dan finish yang telah ditentukan. Siapa lebih dulu sampai pada finish mendapatkan kemenangan.
Karung Goni, Karung Tradisional Indonesia
Karung merupakan bagian dari sistem pengemasan yang telah dilakukan sejak manusia mulai mengenal cara menyimpan hasil pertanian. Pengarungan dilakukan untuk melindungi hasil pertanian dari kerusakan, kotoran, atau perlindungan dari hewan-hewan pemakan hasil pertanian. Bahan karung selalu berbeda, sesuai dengan perkembangan teknologi dan bahan yang ada.

Karung dulu dikenal dengan goni, terbuat dari bahan wol kasar. Nama karung goni digunakan karena bahannya terkenal dengan sebutan goni. Goni merpakan bahan kain yang mempunyai tekstur cukup kasar. Koin goni dulu ditenun menggunakan bulu kambing warna gelap. Selain bulu kambing gelap, kain goni dapat juga berasal dari serat jute. Serat ini jute adalah salah satu jenis serat yang banyak digunakan setelah serat kapas. Dulu diera penjajahan hingga menjelang kemerdekaan Indonesia, kain goni juga dibuat untuk bahan pakaian murah dan banyak dipakai oleh kelompok rakyat miskin. Meskipun terasa gatal di kulit, pakaian dari kain goni ini masih menjadi legenda yang sering diceritakan oleh buyut-buyut kita yang masih hidup.

Seiring perkembangan waktu, karung goni semakin tidak diminati. Karung goni kini masih ada dan lebih digunakan untuk hiasan dinding aksesoris klasik atau kuno. Ada yang dibaut kaligrafi, seni khusus suatu model, atau membuat peta.


Karung Modern, Karung Plastik
Sebagai ganti karung goni, kini telah berkembang berbagai model dan bahan karung yang lebih menarik, lebih bersih, dengan ukuran yang lebih variatif. Ukuran-ukuran karung biasanya disesuaikan dengan kebutuhan produk yang dikemas. Ukuran karung beras lebih kecil dibanding karung pakan ternak. Begitupun karung untuk mengangkut hasil bahan olangan pangan mentah memiliki ukuran berbeda dengan karung yang digunakan untuk mengangkut kapas, misalnya.

Bahannya juga bermaca-macam. Karung yang paling umum kita temukan di pasaran terbuat dari bahan plastic jenis polypropylene (PP). Karung ini ada yang berwarna putih polos maupun berwarna transparan. Untuk mendukung pengemasan, karung plastic sering disablon dengan logo atau merk tertentu sebagai penanda merk dan isi atau produk dalam kemasan karung.

Selain menggunakan sablon, karung juga dapat dipercantik dengan system laminasi, yakni sejenis digital printing khusus untuk bahan karung. System laminasi ini membuat karung tampak jauh lebih cantik dengan berbagai motif, foto, warna dan design full colour.



Demikianlah Artikel Mengenal Sistem Pengemasan Karung

Sekianlah artikel Mengenal Sistem Pengemasan Karung kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Mengenal Sistem Pengemasan Karung dengan alamat link http://www.agrobis123.com/2016/08/mengenal-sistem-pengemasan-karung.html

0 Response to "Mengenal Sistem Pengemasan Karung"

Posting Komentar

Ayo gabung di Info Pertanian