TOKO AGROBIS

PRODUK
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik LDPE, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, Kantong Sampah Plastik, dll.


HUBUNGI KAMI
• SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950
• Phone/Fax:031-8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Mengatasi Hama Putih Pada Tanaman Padi

Cara Mengatasi Hama Putih Pada Tanaman Padi - Hallo sahabat Pusat Informasi Agrobis, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Mengatasi Hama Putih Pada Tanaman Padi, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Hama Tanaman Padi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Mengatasi Hama Putih Pada Tanaman Padi
link : Cara Mengatasi Hama Putih Pada Tanaman Padi

Baca juga


Cara Mengatasi Hama Putih Pada Tanaman Padi


Hama putih menyerang tanaman yang berumur lebih dari 6 minggu. Ciri khas yang bisa dilihat sebagai tanda hama putih adalah adanya tabung-tabung yang terbuat dari daun tanaman padi yang tergerek yang berisi larva dan kepompong yang digunakan untuk perlindungan diri dan penyebaran dalam mencari makan. Biasanya tabung-tabung tersebut banyak terapung di areal persawahan. Berbeda dengan hama putih palsu yang hanya menggulung tanaman tanpa memotongnya dan menggerek klorofilnya.

Cara pengendalian hama putih ini bisa dengan cara membersihkan rumput-rumputan yang merupakan tanaman inang hama putih. Tanaman inang hama putih diantaranya adalah rumput lempuyangan dan rumput asinan. Cara mengendalikan yang paling efektif menurut kami adalah dengan cara mengeringkan lahan selama 5-7 hari. Karena larva dari hama putih ini bernafas dengan cara mengambil oksigen dari dalam air sehingga kalau dikeringkan hama ini akan kehilangan oksigen atau tidak bisa bernafas. Ada cara yang lain, yaitu mengumpulkan larva dan pupa hama putih tersebut lalu menguburnya.

# Baca juga Cara Jitu Membasmi Hama Wereng Pada Tanaman Padi

Warna ngengat putih, panjang sayap 6 mm dan rentang sayap 15 mm. Muncul pada waktu malam hari dan tertarik cahaya. Telurnya berbentuk bulat berwarna kuning muda. Telur diletakkan berkelompok pada daun atau pelepah yang berdekatan dengan permukaan air, jumlah telur 10-20 butir/kelompok. Satu ekor ngengat dapat menghasilkan 50 butir telur. Stadium telur 2 sampai 6 hari
Larva atau Ulat  pertama berwarna krem dengan ukuran rata-rata panjang 1,2 mm dan  lebar 0,2 mm dengan kepala berwarna kuning. Larva membuat gulungan dari daun yang dipotog dan tinggal dalam gulungan tabung tersebut. Setiap ganti kulit berganti tabung. Rata-rata stadium 20 hari dan mengalami 5 instar. Instar dua berwarna hijau. Pada pertumbuhan maksimum panjang larva mencapai 14 mm dan lebar 1,6 mm.

Sedangkan Pupa atau Kepompong memiliki  warna krem, menjelang menjadi ngengat warna berubah menjadi putih. Pupa terbentuk dalam tabung. Rata-rata rata-rata stadium 7 hari. Parasit pupa adalah Tetrastichus sp dan Apsilops cintroticus.
Untuk mengidentifikasi tanaman yang terserang hama tanaman ini adalah Periksa tanaman untuk gejala berikut:
1. longitudinal dan transparan garis-garis keputihan pada daun rusak
2. Daun tubular dilipat
3. Ujung daun kadang-kadang diikat ke bagian basal daun
4. Bidang sangat penuh muncul hangus dengan banyak daun dilipat.
5. Daun rusak
6. Larva lipat daun.

Juga memeriksa keberadaan serangga, khususnya selama anakan berbunga.
Tanda-tandanya bisa seperti :
1. Berbentuk cakram bulat telur telur diletakkan secara tunggal,
2. Muda makan larva pada dasar daun yang belum dibuka termuda,
3. Daun dilipat melampirkan larva makan, dan
4. Hadir kotoran.

# Jangan lewatkan Manfaat Karung Beras Yang Multi Fungsi

Kerusakan yang disebabkan oleh leaffolders mungkin penting ketika mempengaruhi lebih dari setengah dari daun bendera dan dua daun termuda berikutnya di setiap anakan. Pada fase vegetatif, tanaman umumnya dapat pulih dari kerusakan; tapi ketika leaffolders menduduki pada fase reproduksi, kerusakan dapat ekonomis penting. Maka kerusakan tinggi pada daun bendera dapat menyebabkan kehilangan hasil.

Kebanyakan awal musim penggunaan insektisida memiliki keuntungan ekonomi sedikit atau tidak ada. Sebaliknya, hal ini dapat menyebabkan gangguan ekologi dalam proses pengendalian alami biologis, sehingga meningkatkan perkembangan hama sekunder, seperti wereng.
Untuk mencegah wabah leaffolder:
1. Gunakan varietas tahan. (Hubungi kantor pertanian setempat untuk daftar up-to-date dari varietas yang tersedia)
2. Ikuti padi dengan tanaman yang berbeda, atau periode bera.
3. Hindari ratooning.
4. Banjir dan membajak sawah setelah panen jika memungkinkan.
5. Bersihkan gulma rumput dari ladang dan perbatasan.
6. Mengurangi kepadatan tanam.
7. Gunakan tarif pupuk berimbang.



Demikianlah Artikel Cara Mengatasi Hama Putih Pada Tanaman Padi

Sekianlah artikel Cara Mengatasi Hama Putih Pada Tanaman Padi kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Mengatasi Hama Putih Pada Tanaman Padi dengan alamat link http://www.agrobis123.com/2017/05/cara-mengatasi-hama-putih-pada-tanaman.html

0 Response to "Cara Mengatasi Hama Putih Pada Tanaman Padi"

Posting Komentar

Ayo gabung di Info Pertanian