TOKO AGROBIS

PRODUK
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik LDPE, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, Kantong Sampah Plastik, dll.


HUBUNGI KAMI
• SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950
• Phone/Fax:031-8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Menanam Pisang Cavendish

Cara Menanam Pisang Cavendish - Hallo sahabat Pusat Informasi Agrobis, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Menanam Pisang Cavendish, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Budidaya Tanaman, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Menanam Pisang Cavendish
link : Cara Menanam Pisang Cavendish

Baca juga


Cara Menanam Pisang Cavendish


Buah pisang mendapat julukan buah surga (Musa Paradisiaca) karena merupakan buah yang yang termasyur di telinga masyarakat Indonesia, dapat ditemui hampir disemua penjuru mulai dari kota metropolitan hingga daerah pelosok ataupun pedalaman. Selain itu pisang juga kerapkali dijadikan alternatif pangan pengganti nasi maupun bubur bayi karena kandungan gizinya yang tinggi dan rasanya yang diterima semua lapisan masyarakat.

Salah satu jenis pisang yang sedang menjadi primadona di Indonesia adalah pisang Cavendish atau lebih dikenal sebagai pisang Ambon Putih. Rasanya yang manis dan sedikit asam, daging buahnya yang putih kekuningan serta bertekstur lembut menjadi daya tarik sendiri bagi para khalayak umum. Selain itu pisang ini memiliki keunggulan yang istimewa yakni tidak muah rusak karena memiliki kulit yang tebal.

Tingginya permintaan pisang Cavendish dari tahun ke tahun khususnya permintaan dari Minimarket dan Supermarket di seluruh Indonesia menawarkan peluang emas bagi siapapun untuk menjadikan pisang Cavendish sebagai pilihan yang patut diperhitungkan, baik dalam bidang pemasaran buah pisang Cavendish ataupun jual beli bibit pisang Cavendish.

Pisang Cavendish lebih diutamakan dikembangkan melalui kultur jaringan dibandingkan anakan agar memiliki ketahanan dan kekebalan terhadap penyakit tertentu seperti layu moko dan layu panama. Sulitkah cara budidayanya? Hal itu bisa menjadi tidak terlalu sulit jika anda mengetahui syarat tumbuh dan langkah budidayanya.

Berikut syarat tumbuh dan langkah budidaya Pisang Cavendish :
Syarat tumbuh pisang Cavendish yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut :
1.Tumbuh di iklim tropis basah,lembab, panas dan bisa juga di daerah subtropis
2.Curah hujan optimal 1.520-3.800mm/tahun dengan 2 bulan kering
3.Tanah harus kaya akan humus dan mengandung kapur/tanah berat
4.Tersedia air yang cukup namun tidak menggenang, ketinggian air darah basah 100-200cm dan daerah kering 50-150cm
5.Toleran terhadap ketinggian, sampai pada ketinggian 1.000 mdpl

Adapun langkah-langkah budidaya pisang Cavendish adalah sebagai berikut :
1.Pembbibitan
Pembibitan Pisang Cavendish secara kultur jaringan terbagi dalam dua proses yaitu di Laboratorium dan nursery. Lebih praktis jika anda membeli bibit yang siap tanam di kios pertanian yang terpercaya baik secara langsung maupun online.

2.Penanaman
Tempat yang akan ditanamai pisang dibuat ajir dengan jarak 2,5 x 4m yang kemudian digali lubang tanam berukuran 60 x 60 x 60cm. Biarkan hingga seminggu agar kering. Setelah itu tanah lapisan atas dicampur dengan 20 Kg pupuk kandang ditambah 2 sendok makan pupuk NPK dan 1 sendok furadan. Masukkan bibit pada lubang tanam masing-masing 1 bibit.

3.Pemeliharaan
Pemeliharaan terdiri dari kegiatan sanitasi yang bertujuan membersihkan rumput dan gulma sekitar tanaman agar tidak menghambat asupan nutrisi pisang Cavendish, pembuatan Rorak untuk mengubur gulma dan mencegah erosi tanah, penyapihan anakan dengan tujuan membuang anakan pisang yang berlebihan agar produksi dan kualitas pisang tetap terjaga, pemangkasan dengan tujuan memotong daun pelepah pisang yang kering dan memotong jantung pisang untuk memacu pertumbuhan buah dan mempercepat pemasakannya, pemupupukan untuk memenuhi kebutuhan unsur hara makro.

Pupuk N diberikan 2 kali dalam satu tahun sedangkan pemupukan fosfat dan kalium dilakukan 6 bulan sekali setelah tanam. Pengairan dan penyiraman bertujuan untuk menjadika pisan tumbuh subur dan berproduksi dengan baik.

4.Pengendalian Hama dan Penyakit
Penyakit yang sering menyerang adalah layu fusarium, cara pengendaliannya adalah dengan melakukan sterilisasi area pertanaman dan alat pertanian, penggunaan varietas tahan, pengendalian hayati yakni penggunaan mikroorganisme antagonis pada saat atau sebelum terjadi infeksi patogen.

5.Panen
Pisang cavendish bisa dipanen dilihat dari tampilan fisiknya, yakni saat mengeringnya daun bendera dan buah telah berumur 80-100 hari. Pisang Cavendish alangkah baiknya dipanen bersama tandannya dengan panjang tandan kira-kira 30cm dari pangkal sisir paling atas dengan menggunakan pisau yang tajam dan highienis. Panen dapat dilakukan 3-10 hari sekali tergantung pengaturan jumlah tanaman yang ditentukan.

Bagaimana menurut anda? Terlihat mudah bukan? Ayo, menanam pisang Cavendish.


Bagi anda yang ingin memulai untuk menanam pisang cavendish. Lim corporation menyediakan polybag untuk pembibitan pisang cavendish.
Untuk info harga polybag terupdate silahkan klik DISINI.
Dapatkan info pertanian & perkebunan terupdate silahkan klik DISINI.





Demikianlah Artikel Cara Menanam Pisang Cavendish

Sekianlah artikel Cara Menanam Pisang Cavendish kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Menanam Pisang Cavendish dengan alamat link http://www.agrobis123.com/2017/08/cara-menanam-pisang-cavendish.html

0 Response to "Cara Menanam Pisang Cavendish"

Posting Komentar

Ayo gabung di Info Pertanian