TOKO AGROBIS

PRODUK
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik LDPE, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, Kantong Sampah Plastik, dll.


HUBUNGI KAMI
• SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950
• Phone/Fax:031-8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Mudah Budidaya Buah Tin

Cara Mudah Budidaya Buah Tin - Hallo sahabat Pusat Informasi Agrobis, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Mudah Budidaya Buah Tin, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Mudah Budidaya Buah Tin
link : Cara Mudah Budidaya Buah Tin

Baca juga


Cara Mudah Budidaya Buah Tin



Buah Tin (Ficus Carica) belakangan ini menjadi sorotan bagi masyarakat Indonesia. Buah yang berasal tanaj Jazirah Arab ini memiliki nama yang tak asing bagi sebagian besar penduduk Indonesia, terutama yang beragama Islam, sebab nama Tin tercantum dalam kitab suci Al’Qur’an. Buah Tin mempunyai rasa yang hampr sama dengan Jambu biji/ jambu klutuk. Buah ini mendapat julukan sebagi buah Surgawi. Buah tin memiliki keunikan dan keunggulan tersendiri, yakni buah Tin bisa berbuah namun tidak berbunga dan termasuk buah yang produktif serta tidak mengenal musim.

Buah tin memiiki setidaknya 12 varietas yaitu yordan, tin ungu, red palestine, red turki, brown turki, negrone, black ischiya, libya, black turki, long yellow, panace tiger, dan flanders. Varietas yang paling sering ditanam di Indonesia adalah varietas Yordan. Sedangkan yang paling langka dan sedang coba dikembangbiakkan adalah Black Turki yang buahnya lebih besar dan berwarna Hitam. Adapun Tin ungu memiliki karakteristik daun yang berbeda, jika tin lain memiliki daun beruas lima, Tin ungu beruas tiga dan tebal seperti daun jati.

Prospek usaha buah tin ini sedang naik-naiknya di Indonesia bahkan membuat para produsen bibit kewalahan. Hal ini bukan tanpa sebab, karena dilansir dari penelitian Universitas Rutgers di New Jersey, Amerika mengemukakan bahwa buah Tin mengandung senyawa antioksidan pengikat senyawa karsinogen. Sudah enak dilidah, kaya manfaat bagi kesehatan, produktif dan resiko kegagalannya kecil pula, tidakkah anda tertarik mencoba menanamnya sendiri? Tenang, syarat tumbuh dan cara budidaya disajikan dibawah ini:

Syarat tumbuh buah Tin yang utama adalah bahwa Buah ini menghendaki iklim panas sebagaimana daerah asalnya. Dan juga tanah yang kaya akan bahan organik sehingga mampu mengaliran unsur-unsur hara dan nutrisi serta air yang cukup bagi tanaman. Kemudian bagaimana langkah budidayanya?
Lim Corporation
Langkah-langkah budidaya buah tin adalah sebagai berikut :

1.Menyiapkan bibit
Pastikan anda memilih bibit unggul yang memiliki umur dari indukan dengan tinggi bibit 60-70 cm. Memilih bibit yang unggul memnjadikan peluang memperoleh hasil produksi yang berkualitas dan berkuantitas banyak semakin tinggi. Selain itu, anda tidak perlu cara ini lebih praktis karena bibit sudah siap tanam.

2.Usahakan tempat penanaman adalah daerah terbuka yang mendapat penyinaran sinar matahari yang intensif. Buatlah lubang tanam dengan ukuran 50 x 50 cm dan kedalaman 50-60 cm. Sebelumnya, berilah pupuk kandang dan yang dicampur sekam padi dan biarkan untuk jangka waktu 1-2 minggu.

3.Pada saat penaman upayakan dilakukan saat pagi atau sore. Masukkan bibit kedalam lubang tanam yang telah siap dan padatkan kembali tanahnya kemudian siram dengan air secukupnya.

4.Pemupukan di awal-awal adalah pemberian pupuk daun dengan dosis secukupnya. Setelah berumur 2 tahun barulah diberi pupuk kandang dengan tujuan adar daun tidak mudah rontok dan mempercepat perkembangan buah.

5.Penyiraman dilakukan setiap hari dengan car penyemprotan, bahan yang dicampurkan adalah ½ botol m4, 20 liter air dan ½ Kg gula pasir, diamkan selama tiga hari. Semprot pada daun atau siram pada batang.

6.Lakukan pemantauan terhadap serangan hama dan penyakit. Pencegahannya bisa seperti menggunting yang mengering atau menguning yang diakibatkan virus yang ditakutkan menjalar kepada daun-daun lain yang masih sehat. Hama yang paling sering menyerang adalah penggerek batang. Pengendaliannya adalah berikan suntikkan obat tanaman pada batangnya dan nutrisis perangsang akar dan batang.

7.Panen buah tin dilakukan setelah berumur sekitar 4-5 bulan dari masa tanam jika saat musim panas akan lebih cepat berbuah.

Masing-masing varietas yang dibudidayakan memiliki karakteristik yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Untuk beberapa karakteristik sudah disinggung di awal-awal paragraf. Bagaimana, apakah anda sudah membulatkan tekad untuk menanam buah Tin sendiri disekitar rumah anda. Tunggu apalagi, selain bisa menjadikan lahan sekitar rumah produktif, anda juga merasakan manisnya buah tin yang tinggal petik saat panen tiba. Selamat mencoba dan semoga sukses.

#Dapatkan info pertanian & perkebunan terupdate klik DISINI.




Demikianlah Artikel Cara Mudah Budidaya Buah Tin

Sekianlah artikel Cara Mudah Budidaya Buah Tin kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Mudah Budidaya Buah Tin dengan alamat link http://www.agrobis123.com/2017/08/cara-mudah-budidaya-buah-tin.html

0 Response to "Cara Mudah Budidaya Buah Tin"

Posting Komentar

Ayo gabung di Info Pertanian