TOKO AGROBIS

PRODUK
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik LDPE, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, Kantong Sampah Plastik, dll.


HUBUNGI KAMI
• SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950
• Phone/Fax:031-8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Mudah Budidaya Tanaman Buah Tin Yang Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Cara Mudah Budidaya Tanaman Buah Tin Yang Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan - Hallo sahabat Pusat Informasi Agrobis, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Mudah Budidaya Tanaman Buah Tin Yang Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Budidaya Tanaman, Artikel Budidaya Tanaman Buah, Artikel Polybag, Artikel Tanaman Buah Tin, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Mudah Budidaya Tanaman Buah Tin Yang Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan
link : Cara Mudah Budidaya Tanaman Buah Tin Yang Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Baca juga


Cara Mudah Budidaya Tanaman Buah Tin Yang Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan


Buah Tin atau Ara (Ficus carica L.) memiliki bentuk unik dan rasa yang manis. menariknya lagi, Buah Tin atau yang sering disebut buah Ara ini mendapat julukan buah suci dari taman surga. Hal ini tak terlepas dari keistimewaannya karena merupakan salah satu buah yang disebutkan dalam
AL-Qur’an yakni dalam Surah At-tin yang memiliki posisi sama dengan buah Zaitun. Selain itu, Buah Tin ini juga mengandung banyak nutrisi dan kaya akan gizi yang tentunya sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Buah Tin ini dipercaya mengatasi penyakit hipertensi dan juga kolesterol, mampu membersihkan hati dan limpa, mencegah kanker dan kencing manis, mengurangi sesak napas, dan masih banyak lagi.

Buah yang memiliki nama latin Ficus carica ini merupakan salah satu jenis tanaman buah yang berasal dari negara Arab, dan saat ini banyak di budidayakan ke negara-negara bagian Eropa, Asia dan Australia. Buah yang di hasilkan tumbuhan ini sama dengan nama tumbuhannya yaitu Tin. Penyebutan kata buah “Tin” berasal dari bahasa Arab atau dikenal juga dengan Ara (buah ara atau pohon ara). Tumbuhan ini sebenarnya masih kerabat dengan pohon beringin dari genus yang sama yaitu Ficus.

Pohon buah Tin dapat tumbuh hingga ketinggian sekitar 10 meter dengan batang lunak berwarna abu, daun agak besar berlekuk kedalam dengan 3-5 cuping. Yang disebut buah Tin sebenarnya adalah dasar bunga yang membentuk bulatan, ukuran panjang buahnya sekitar 3-5 cm. Buah tersebut memiliki warna hijau saat muda dan berwarna ungu apabila telah masak.

Mungkin sampai saat ini, belum banyak orang yang membudidayakan buah yang satu ini. Dengan segala keunggulan dan keistimewaan tanaman buah Tin, pantas jika Buah ini dijadikan salah satu koleksi tanaman di halaman rumah Anda atau di jadikan bisnis budidaya.

Berikut ini adalah cara mudah budidaya tanaman buah Tin yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan :

Baca Juga :

1. Persiapan Benih

a. Perbanyakan Dengan Biji
Untuk membudidayakn Tanaman buah tin dengan biji, Pilihlah buah tin yang sudah tua atau yang sudah mengering. Belah buahnya serta pisahkan biji dan kulitnya. Jemur biji buah Tin sampai kering, kemudian angkat biji yang dijemur dan letakkan pada tempat kering yang teduh.

Setelah beberapa hari mengering, rendam biji buah tin dalam air panas tujuannya untuk mengambil biji yang bagus dengan ciri-ciri buah yang tenggelam berarti kualitas bijinya bagus. Rendam selama 30 menit untuk mengetahui biji yang mengapung dan yang tenggelam.

Lim Corporation
Siapkan tempat untuk menyemai biji-biji buah tin, dapat di semai dengan Polybag atau dengan lahan pendederan. Isi dengan campuran Tanah, sekam atau pupuk kandang, dan pasir dengan dengan perbandingan 2:2:1 (2 Tanah : 2 Sekam atau pupuk kandang : 1 pasir). Diamkan kawasan semaian sekitar 2 hari sebelum biji buah disemai.

Setelah dua hari, tebarkan biji buah tin secara merata di tempat penyemaian dan tutup dengan tanah tipis dan merata. Lakukan penyiraman secara rutin pada pagi dan sore hari untuk menjaga semaian tetap lembab, jangan melancarkan penyiraman secara berlebihan agar biji buah tin tidak membusuk, cukup siram dengan sprayer.



Biji buah tin akan berkecambah setelah kurang lebih 3 minggu dari penebaran semaian. Setelah tunas buah mencapai ketinggian 15cm, bibit dapat dipindahkan ke plastik Polybag kecil sebelum ditanam ke lahan tanam permanen.

b. Perbanyakan Dengan Cara Mencangkok
Pilih batang tanaman buah tin yang muda dan berkulit hijau karena perakaran lebih cepat dan banyak.
- Persiapkan alatnya yaitu plastik transparan lalu cocopeat murni.
- Membalut batang tin dengan cocopeat yang sudah dibungkus plastik transparan.
- Panjang areal cangkokan 10 - 15cm saja.
- Mengikat media cangkokan pada bagian pangkal dan ujungnya menggunakan tali rafia.
- Melakukan penyiraman media tanam cangkokan setiap hari lewat celah- celah yang disiapkan sebelumnya.
- Umur 30-45 hari cangkokan sudah memiliki banyak peranakan, siap dipotong lalu dipindah ke media normal.

c. Perbanyakan Dengan Cara Stek Batang
- Memotong batang atau cabang tanaman Tin yang sudah tua, kulit berwarna kecoklatan atau ungu dengan ukuran 10-15 cm.
- Petunjuk stek tadi dipotong miring.
- Setelah stek siap, lalu disemai ditempat persemaian yang sudah terdapat media pasir dan kompos didalamnya.
- Bekas potongan bagian arah pada bahan stek tadi dilapisi lilin untuk mencegah kebusukan.
- Lakukan penyiraman setiap hari sembari menjaga media tanam tetap lembab.
- Umur 45 hari, bahan stek memiliki perkaran dalam besarnya melimpah.
- Saat itu stek siap dipindah ke lahan baru atau pot dengan media normal.


2. Persiapan Lahan
Siapkan pot ukuran besar atau bisa juga menggunakan drum bekas yang dibelah menjadi 2 bagian, isi pot dengan campuran Tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Sebaiknya gunakan tanah yang subur dan gembur, juga dicampur dengan sedikit pasir. Biarkan pot yang telah berisi campuran tanah dan pupuk selama seminggu sebelum ditanami.

Jika Anda ingin menanam buah tin di perkarangan rumah, usahakan tempat penanaman terkena sinar matahari. Buatlah lubang tanam dengan ukuran 50cm x 50cm dengan kedalaman 50-60cm. Lubang tanam diisi dengan pupuk kandang, lalu biarkan lubang tanam selama 1-2 minggu sebelum ditanami supaya pupuk kandang dapat meresap dengan baik dalam tanah.

3. Tahap Penanaman
Bibit Tanaman buah Tin yang sudah siap dapat dipindahkan ke pot atau lubang tanam yang telah disiapkan, lepas/sobek pembungkus Polybag secara perlahan agar tanah semaian tidak hancur. Kemudian masukkan ke dalam lubang tanam atau pot dan tutup dengan tanah, lalu padatkan secara perlahan. Lakukan penyiraman setelah pohon buah tin selesai ditanam. Penyiraman sebaiknya sewajarnya saja, agar pohon buah Tin tidak membusuk.

4. Tahap Perawatan
Perawatan tanaman buah tin pada dasarnya tidak terlalu sulit, tanaman buah ini sudah beradaptasi benar dengan iklim di Indonesia. Lakukan penyiraman secara teratur pada pagi dan sore hari dengan penyiraman yang tidak terlalu banyak.

Bersihkan sekitar pohon buah tin dari gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya. Pemupukan dapat dilakukan kembali setelah usia pohon buah tin sekitar 4 bulan dari penanaman awal.

5. Hama dan Penyakit
Hama yang menyerang buah tin ini diantaranya hama penggerek batang yang menyebabkan batang jadi keropos dan membusuk dan pada akhirnya mati. Pengendalian dapat di lakukan dengan cara menyuntik vaksin (obat untuk batang buah tin) pada batang untuk mencegah hama tersebut.

6. Panen
Panen buah Tin dapat dilakukan ketika tanaman memasuki usia 4 - 5 bulan setelah tanam. Dan jika iklim memasuki musim panas maka buah akan semakin banyak dan cepat tua untuk di panen.

Lim Corporation menjual Polybag & produk plastik pertanian lainnya, apabila Anda butuh polybag silahkan hubungi: 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950. 
Untuk info harga Polybag silahkan klik DISINI

Oke....Sampai disini dulu perjumpaan kita kali ini, Terima kasih sudah berkunjung & Semoga bermanfaat......



Demikianlah Artikel Cara Mudah Budidaya Tanaman Buah Tin Yang Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Sekianlah artikel Cara Mudah Budidaya Tanaman Buah Tin Yang Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Mudah Budidaya Tanaman Buah Tin Yang Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan dengan alamat link http://www.agrobis123.com/2017/09/cara-mudah-budidaya-tanaman-buah-tin.html

0 Response to "Cara Mudah Budidaya Tanaman Buah Tin Yang Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Ayo gabung di Info Pertanian