TOKO AGROBIS

PRODUK
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik LDPE, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, Kantong Sampah Plastik, dll.


HUBUNGI KAMI
• SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950
• Phone/Fax:031-8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Macam-Macam Hama Yang Suka Menyerang Tanaman Melon

Macam-Macam Hama Yang Suka Menyerang Tanaman Melon - Hallo sahabat Pusat Informasi Agrobis, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Macam-Macam Hama Yang Suka Menyerang Tanaman Melon, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Budidaya Tanaman, Artikel Budidaya Tanaman Buah, Artikel Cara Budidaya Tanaman Melon, Artikel Hama dan Penyakit Tanaman, Artikel Hama Penyakit Tanaman Melon, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Macam-Macam Hama Yang Suka Menyerang Tanaman Melon
link : Macam-Macam Hama Yang Suka Menyerang Tanaman Melon

Baca juga


Macam-Macam Hama Yang Suka Menyerang Tanaman Melon

Penyakit dan hama adalah salah satu faktor utama yang bisa menghambat pertumbuhan juga perkembangan tanaman, dalam hal ini akan menyebabkan hasil produksi serta panen yang menurun dan juga bisa mengakibatkan kematian pada tanaman. Maka dari itu dalam kesempatan kali ini penulis ingin mengulas tentang hama dan penyakit yang biasanya dapat menyerang tanaman buah melon. hama biasanya menyerang tanaman buah melon biasanya adalah ulat tanah, ulat grayak, ulat buah, kutu daun, kutu kebul , kumbang kuning dan lalat buah. sedangkan penyakit yang menyerang tanaman berupa layu fusurium, busuk phytophora , bercak daun, rebai semai, layu bakteri, layu fusurium, busuk phytophora , bercak daun, antranoksa dan virus.

1. Ulat tanah
Ulat tanah menyerang tanaman melon sehingga tanaman mulai layu dan mati secara tiba-tiba. Hama ini bisa dikendalikan dengan cara Melakukan pemisahan tanaman terserang dengan tanaman lainnya. Selain itu juga bisa dilakukan penyemprotan insektida sesuai petunjuk.




2. Ulat grayak
Tanaman buah melon ynag terserang hama ini menimbulkan gejala adanya lubang pada daun yang tidak beraturan sehingga daun menjadi tidak rata. Cara mengendalikannya bisa dengan melakukan pemangkasan daun terserang dan penyemprotan insektsida berbahan aktif sesuai dengan petunjuk.




3. Ulat buah
Ulat buah menyerang tanaman buah melon dengan ditandai berlubangnya buah yang dalam jumlah banyak atau sedikit sehingga mengakibatkan buah menjadi cepat rusak busuk. Hama ini bisa dikendalikan dengan Melakukan pemisahan bagian yang terserang atau penyemprotan insektisida berbaha aktif sesuai dengan petunjuk.

4. Kutu daun
Tanaman buah melon yang terserang hama ini di tandai dengan daun menguning, layu dan kering, serta daun juga akan mudah berjatuhan. Yang dapat kita lakukan untuk mengendalikan hama ini adalah dengan cara melakukan pemangkasan bagian terserang dan melakukan sanitasi kebun atau lahan selain itu juga bisa dengan melakukan penyemprotan insektisida berbahan aktif sesuai petunjuk.


5. Kutu kebul
Tanaman buah melon yang terserang hama kutu kebul biasanya ditandai denagn daun menguning sehingga bentuk daun tidak beraturan dan menjadi mudah layu dan mati. Tindakan yang bisa dilakukan pada tanaman yang terserang hama ini dengan cara melakukan pemotongan bagian terserang atau sanitasi. Selain itu juga bisa dilakukan penyemprotan insektisida berbahan aktif berupa abamektin dan lainnya.

6. Kumbang kuning
Hama ini menyerang tanaman denagn ditandai dengan bagian buah tanaman terserang akan menguning, kecoklatan dan akan mati. Tanaman yang terkena serangan hama ini bisa di lakukan tindakan dengan melakukan pemangkasan bagian terserang serta penyemprotan insektisida berbahan akti berupa deltrametrin dan lainnya.






7. Lalat buah
Lalat buah menyerang tanamanbuah melon dengan di tandai dengan buah yang berlubang di sekitarnya. Berubah warna menjadi kecoklatan dan ada cairan. Tindakan yang bisa dilakukan pada tanaman buah melon yang terkena hama jenis ini adalah membuat perangkap alami dan juga membuat asap-asapan. Selain itu juga bisa dilakukan penyemprotan insektisida berbahan aktif berupa sepermetrin dan lainnya.



Macam-Macam Penyakit Pada Tanaman Buah Melon

1. Rebai semai atau perkecambahan
Serangan penyakit rebai semai menimbulkan gejala serangan seperti merusak bagian akar, batang, daun dan juga lainnya pada saat semai sehingga tanaman mati. Pengendalian dengan menyemprotkan fungisida sistematif berbahan aktif berupa simoksanil dan lainnya atau dengan melakukan sanitasi kebun atau lahan sekitar.

2. Layu bakteri
Gejalanya di tandai dengan daun yang mulai layu, dan bagian lainnya juga layu setelah itu mati. Pengendaliannya dengan melakukan sanitasi kebun atau lahan. Serta pemilihan bibit unggul sebelum tanam dan menyemprotkan bakterida berbahan aktif sesuai petunjuk.

3. Layu fusarium
serangan penyakit ini sama persis dengan serangan penyakit layu bakteri. Tapi trik untuk mengendalikan hama ini memang sedikit berbeda yaitu dengan mengurangi kelembapan kebun atau lahan, meningkatkan kadar Ph tanah, dan memberikan penyemprotan fungsida berbahan aktif berupa benomil dan lainnya.

4. Bercak daun
Bercak daun bisa menimbulkan gejala yang di tandai dengan adanya bercak yang terdapat pada daun berwarna kehitaman atau kecoklatan, sehingga menyebabkan daun mati dan mengering. Hama jenis ini bisa dikendalikan dengan memberi perlakuan seperti pemangkasan bagian terserang, dan menyemprotkan fungisida atau bakterisida berbahan aktif sesuai petunjuk.

5. Antarknosa
Serangan penyakit ini di tandai dengan adanya kerusakan pada bagian daun muda, tua dan batang sehingga tanaman ini mudah sekali layu dan mati. Penyakit ini bisa dikendalikan dengan melakukan sanitasi kebun atau lahan serta pemilihan bibit unggul sebelum tanam. Selain itu juga melakukan penyemprotan fungisida sesuai petunjuk.

Itulah sekedar pengetahuan tentang hama dan penyakit yang baisa menyerang tanaman buah melon, pada dasarnya petani wajib menjaga kelembapan kebun atau lahan, menjaga pH tanah , dan juga melakukan pemeliharaan dengan baik agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk meminimalisir hama anda bisa gunakan plastik mulsa hitam perak , jika anda membutuhkan plastik mulsa hitam perak silahkan hub : 0877-0282-1277 | 0812-3258-4950 | 0852-3392-5564. Klik DISINI untuk info harga terbaik.





Demikianlah Artikel Macam-Macam Hama Yang Suka Menyerang Tanaman Melon

Sekianlah artikel Macam-Macam Hama Yang Suka Menyerang Tanaman Melon kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Macam-Macam Hama Yang Suka Menyerang Tanaman Melon dengan alamat link http://www.agrobis123.com/2017/09/macam-macam-hama-yang-suka-menyerang.html

0 Response to "Macam-Macam Hama Yang Suka Menyerang Tanaman Melon"

Posting Komentar

Ayo gabung di Info Pertanian