TOKO AGROBIS

PRODUK
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik LDPE, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, Kantong Sampah Plastik, dll.


HUBUNGI KAMI
• SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950
• Phone/Fax:031-8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Menanam Bunga Gelombang Cinta dalam Pot

Cara Menanam Bunga Gelombang Cinta dalam Pot - Hallo sahabat Pusat Informasi Agrobis, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Menanam Bunga Gelombang Cinta dalam Pot, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Budidaya Melon Dalam Polybag, Artikel Keunggulan Bertanam Menggunakan Polybag, Artikel Polybag Tanaman, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Menanam Bunga Gelombang Cinta dalam Pot
link : Cara Menanam Bunga Gelombang Cinta dalam Pot

Baca juga


Cara Menanam Bunga Gelombang Cinta dalam Pot

           Bunga gelombang cinta atau yang lebih familiar disapa anthurium menjadi primadona di era tahun 2000 an. Gelombang cinta yang masih berkerabat dengan kuping gajah memiliki nilai ekonomis yang cukup fantastis di era nya. Harga tanaman ini bisa mencapai puluhan  hingga ratusan juta. Begitu banyaknya permintaan pasar membuat banyak orang tertarik menerjuni bisnis sesaat ini. Dengan anomali ini, tentu pada masa itu banyak sekali muncul pengusaha yang terjun ke bisnis ini.
           Bahkan ada beberapa yang meraup keuntungan dengan cara yang tidak baik dengan menjual anthurium gelombang cinta palsu. Namun, trend tanaman ini hanya berlangsung sesaat, memasuki akhir tahun 2002 an pangsa pasar tidak lagi menunjukkan gejolaknya dan permintaan bunga anthurium gelombang cinta menurun drastis.
           Pada dasarnya trend tanaman hias seperti cara menanam bunga desember yang selalu berganti tentu harus menjadi perhatian, baik anda sebagai pecinta atau sebagai pebisnis. Bisa dibilang trend tanaman hias selalu berputar sehingga tidak memungkinkan jika nantinya bunga gelombang cinta akan kembali mencapai era keemasannya.
           Bagi anda penyuka tanaman daun, tentu sudah menjadi kewajiban untuk mengkoleksi tanaman yang satu ini. Anda juga bisa menanam sendiri bunga gelombang cinta di rumah. Hal ini karena dari segi penanaman tanaman ini tidak membutuhkan perawatan dan penanganan khusus, sehingga anda sebagai pemula tentu tidak akan menemui banyak kendala. Secara umum bunga gelombang cinta atau anthurium dapat di tanam menggunakan biji seperti cara menanam bunga carnation dari biji dan teknik split. Perbanyakan menggunakan biji relatif lebih sulit dan memiliki tingkat keberhasilan yang rendah.

Cara Menanam Bunga Gelombang Cinta Dalam Pot
           Oleh karenanya perbanyakan menggunakan metode split paling banyak dipilih. Untuk memudahkan anda, berikut 8 cara menanam bunga gelombang cinta dalam pot dengan metode split (pemisahan).

1. Memilih Indukan Tanaman Gelombang Cinta
           Keberhasilan dalam metode perbanyakan split pada bunga gelombang cinta dan cara menanam bunga dianthus sangat dipengaruhi oleh kualitas indukan. Ada beberapa kriteria untuk memilih calon indukan yang baik agar nantinya tanaman gelombang cinta yang anda tanam dapat tumbuh secara optimal.
  •     Pilih tanaman yang sehat, tidak terserang hama dan penyakit.
  •     Pilih tanaman dengan daun yang hijau dan segar.
  •     Pilih tanaman dengan bonggol yang sehat.
  •     Pilih tanaman dengan banyak rumpun.
  •     Lakukan pemeliharaan dan tempatkan indukan di tempat yang teduh.
2. Perbanyakan Gelombang Cinta Dengan Metode Split
           Setelah menemukan tanaman indukan yang ideal maka tahap selanjutnya adalah melakukan metode split. Pada dasarnya prinsip dasar perbanyakan bunga gelombang cinta sama dengan cara menanam bunga chrysanthemum menggunakan metode split (pemisahan) dilakukan dengan cara memisahkan anakan yang berasal dari bonggol tanaman gelombang cinta.
           Meskipun terdengan sederhana, namun pada praktiknya tetap harus memperhatikan hal-hal seperti dibawah ini :
  • Periksa kondisi tanaman, jika benar benar sehat maka dapat langsung dilakukan pemisahan, namun jika terdapat gejala serangan HPT maka tanaman harus disembuhkan terlebih dahulu.
  • Tahap selanjutnya adalah pilih bonggol tanaman yang telah muncul tunas. Potong bagian tersebut menggunakan pisau yang tajam. Jika didapati lebih dari 1-3 tunas dalam satu bonggol maka jangan tergesa-gesa memotongnya. Anda bisa menunggu hingga tunas tersebut memunculkan beberapa helai daun.
  • Selanjutnya bonggol yang telah terpotong direndam dengan larutan fungisida 5g/l selama 15-20 menit.
  • Jangan lupa juga oleskan fungisida pada potongan di tanaman indukan. Sambil menunggu bonggol siap maka anda bisa menyiapkan media tanam.
  • Pilih pot yang berukuran sedang dan sesuaikan dengan ukuran bonggol.
  • Lubangi bagian dasar pot, dan masukkan pecahan batu bata bersih kedalam bagian dasar pot.
  • Selanjutnya siapkan media tanam dengan komposisi humus, pasir dan pupuk kandang. Campur media hingga rata, kemudian ayak dan ambil bagian halusnya saja.
  • Setelah itu isikan media kedalam pot setingga 3/4 pot.
  • Lalu tanam bagian bonggol tanaman dengan menyisakan tunas pada permukaan media.
  • Tambahkan media hingga padat dan akar bonggol tertutup sempurna.
 
3. Peletakan Tanaman
           Tanaman anthurium merupakan jenis tanaman yang tidak menyukai cahaya matahari langsung yang tentunya berbeda dengan cara menanam bunga casablanca.Sehingga tentunya peletakan bunga gelombang cinta haruslah memenuhi syarat seperti dibawah ini :
  • Letakkan tanaman pada lokasi semi teduh, dimana intensitas cahaya matahari yang bisa masuk antara 30-40%.
  • Teras rumah, halaman rumah dengan pohon pelindung, dan dekat jendela bisa menjadi pilihan lokasi yang tepat.
  • Bila anda memilih meletakkannya di dalam ruangan, maka keluarkan tanaman secara berkala minimal 3 hari sekali.
  • Hal ini dimaksudkan agar warna daun bunga gelombang cinta anda lebih hijau, segar dan cerah.
  • Jangan sampai tanaman gelombang cinta anda terkena cahaya matahari langsung, hal ini akan menyebabkam daun tanaman terbakar dan merusak penampilan bunga gelombang cinta anda. 
4. Penyiraman Tanaman
           Salah satu yang memiliki peranan penting dalam pertumbuhan tanaman gelombang cinta adalah penyiraman seperti juga pada cara menanam bunga kamboja jepang. Tidak ada teknik khusus dalam pemberian penyiraman, namun ada beberapa hal yang wajib diperhatikan agar penyiraman tidak merusak kondisi tanaman yang telah tumbuh.
           Penyiraman dilakukan hanya untuk mempertahankan tingkat kelembapan pada media.         
           Jika media masih tampak lembab maka anda tidak perlu menyiramnya kembali. Terlalu sering menyiram bunga gelombang cinta anda malah akan bisa menyebabkan tanaman mengalami kebusukan akar.
           Waktu ideal penyiraman adalah pukul 10.00 pagi atau sore hari pada jam diatas pukul 17.00 .
           Pada musim kemarau intensitas penyiraman dinaikkan menjadi  3 kali dalam sehari.
           Penyiraman memggunakan air bersih dan tidak tercemar.
           Lakukan penyiraman pada mesia tanam saja, jangan pada daun tanaman karena dikhawatirkan dapat menimbulkan kerusakan pada daun.

5. Pemupukan
           Pemupukan pada tanaman  bunga gelombang cinta pada dasarnya dapat diberikan pupuk NPK. pemberian pupuk dilakukan sesuai dengan tahapan pertumbuhan tanaman dengan ketentuan.
           Pada masa pertumbuhan vegetatif maka berikan pupuk denfan kandungan Nitrogen (N) tinggi. Dan berikan pupuk dengan kandungan Posfor (P) dan Kalium (K) tinggi pada saat tanaman memasuki masa pertumbuhan vegetatif.
           Anda bisa memberikan pupuk NPK slow release seperti dekastar atau osmocote, yang diaplikasikan pada tanaman dan hanya di berikan setiap 6 bulan sekali.
           Berikan juga pupuk kandang dan humus yang telah steril setiap satu tahun sekali. Atau anda juga bisa memberikan tambahan pupuk majemuk seperti gandasil atau atonik dengan cara disemprotkan ke media tanam.

6. Sanitasi Tanaman
           Sanitasi mencakup hal-hal yang berkaitan dengan kebersihan baik pada media tanam, lingkungan dan kondisi sekitar tanaman serta alat kerja yang biasa dipakai.            Sanitasi yang buruk akan menyebabkan tanaman terserang hama dan penyakit.
Terutama pada musim penghujan anda harus benar benar memperhatikan kondisi tanaman dan lingkungannya.
           Gunakan media yang steril sebagai media tanam. Dan lakukan penggantian pot tanam dan media saat tanaman tumbuh semakin membesar.
           Hal ini akan berpengaruh pada pertumbuhan tanaman selanjutnya. Karena yang harus anda tahu bahwa bunga gelombang cinta akan semakin tumbuh membesar dalam kurun waktu tertentu.




      Baca Juga :


7. Penanggulangan Hama dan Penyakit Tanaman
           Pada tanaman gelombang cinta, hama dan penyakit yang patut diwaspadai adalah terjadinya kebusukan akar. Terutama pada musim penghujan dimana kondisi lingkungan mengalami peningkatan kelembapan.
           Oleh karenanya pemberian fungisida dengan cara disemprotkan ke media tanaman sangatlah penting. Gunakan konsentrasi 10 g/l setiap 2 bulan sekali. Dan tingkatkan dosis hingga 15g/l  pada saat mendekati musim penghujan.

8. Perawatan dan Tips Agar Daun Gelombang Cinta Mengkilap
           Pesona utama yang dimiliki oleh bunga gelombang cinta terletak pada daun tanamannya. Sehingga untk bisa mempertahankan nilai estetika sekaligus nilai jual di pasaran maka perawatan pada daun bunga gelombang cinta harus dilakukan dengan telaten hati hati.
           Salah satu daya tarik yang bisa dilakukan adalah dengan membuat tampilan daun tanaman gelombang cinta menjadi lebih megkilap seperti juga cara menanam bunga gantung dan perawatanya yang bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut :
  • Siapkan alat dan bahan berupa susu cair dan spons halus.
  • Tuang susu cair kedalam mangkok atau wadah yang bersih.
  • Kemudian basahi spons dengan cara mencelupkan kedalam susu cair.
  • Selanjutnya lap daun bunga gelombang cinta menggunakan spons, lakukan dengan hati hati agar tidak merusak daun.
  • Lakukan cara ini secara rutin minimal 3 hari sekali untuk memperoleh hasil optimal.
8. Cara Menanam Bunga Gelombang Cinta Dalam Pot Dengan Metode Split
           Tentu akan bisa membantu anda dalam membudidayakan tanaman ini secara sendiri. Dengan cara ini anda juga bisa memperoleh tanaman gelombang cinta yang indah dan bisa memiliki harga jual tinggi seperti cara menanam bunga sakura.
           Meskipun masa keemasan dari bunga ini telah lewat, namun siapa yang tau jika esok, bulan depan atau tahun depan bisa menjadi keberuntungan bagi anda yang tetap memilih menanam bunga gelombang cinta.


Demikianlah Artikel Cara Menanam Bunga Gelombang Cinta dalam Pot

Sekianlah artikel Cara Menanam Bunga Gelombang Cinta dalam Pot kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Menanam Bunga Gelombang Cinta dalam Pot dengan alamat link http://www.agrobis123.com/2018/02/cara-menanam-bunga-gelombang-cinta.html

0 Response to "Cara Menanam Bunga Gelombang Cinta dalam Pot"

Posting Komentar

Ayo gabung di Info Pertanian