TOKO AGROBIS

PRODUK
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik LDPE, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, Kantong Sampah Plastik, dll.


HUBUNGI KAMI
• SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950
• Phone/Fax:031-8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Terbaik Memanfaatkan Kulit Telur Untuk Tanaman

Cara Terbaik Memanfaatkan Kulit Telur Untuk Tanaman - Hallo sahabat Pusat Informasi Agrobis, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Terbaik Memanfaatkan Kulit Telur Untuk Tanaman, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Budidaya Sayuran, Artikel Budidaya Tanaman di Lahan Sempit Dengan Polybag, Artikel Cara Budidaya Tanaman, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Terbaik Memanfaatkan Kulit Telur Untuk Tanaman
link : Cara Terbaik Memanfaatkan Kulit Telur Untuk Tanaman

Baca juga


Cara Terbaik Memanfaatkan Kulit Telur Untuk Tanaman


         Cangkang Telur atau kulit telur, biasanya kita buang begitu saja ditempat sampah karena kita tidak tahu manfaatnya. Bagi anda yang suka berkebun, mulai sekarang jangan lagi membuang cangkang telur, karena ia sangat bermanfaat bagi kebunmu. Cangkang telur bisa menjadi pupuk alami free, yang bisa anda peroleh sebanyak berapapun yang anda berharap.

Kandungan Cangkang Telur
         Kandungan utama cangkang telur ialah kalsium karbonat. Cangkang telur mengandung 90% kalsium karbonat yang ialah elemen hara penting yang diperlukan oleh tanaman untuk tumbuh sehat. Jeff Gillman seorang ahli nutrisi tanaman pengarang buku The Truth About Garden Remedies melakukan sebuah test simpel. Dia merendam cangkang telur dalam air selama 24 jam, lalu airnya dia kirim ke lab. Walhasil, air rendaman cangkang telur itu mengandung 4mg kalsium dan potassium. Termasuk didalamnya phosphorus, magnesium dan sodium dalam jumlah kecil.

         Fungsi kalsium pada tanaman merupakan menguatkan tanaman, mengeraskan kayu, menstimulus pertumbuhan akar, mempertebal dinding sel dan penyusunan biji. Tanaman yang kurang kalsium nampak pada tanaman tumbuh kerdil, gugurnya bunga secara prematur, buah gagal terbentuk dan bijinya kosong, mudah diserang hama seperti lalat buah karena dinding sel tipis, dan busuk pucuk buah (blossom end rot) pada tomat misalnya.

Cara Memanfaatkan Cangkang Telur

1.  Buat teh cangkang telur.

         Ini resep dari Gillman. Rebuslah air satu galon, kemudian letakkan 10 butir cangkang telur. Cangkang telur harus sudah dibersihkan dan dikeringkan sebelumnya. Biarkan rendaman cangkang itu semalaman kemudian saring dan kocorkan langsung ketanah. Cangkang ini solusi jangka pendek untuk memecahkan kekurangan kalsium dan potassium. Lakukan ini seminggu sekali. Untuk hasil rendaman lebih kuat, dapat ditambahkan cangkangnya sampai 20 butir pergalon. Untuk keperluan yang lebih sedikit, perkirakan sendiri saja takaran air dan cangkangnya.


2.  Remasan Cangkang Untuk Melawan Keong

slug
Slug, adalah hama pada tanaman muda

         Siput, keong dan slug (siput tidak bercangkang) adalah hama tanaman yang tak jarang menyantap tanaman tanaman muda. Sering kali benih yang baru dipindahkan ketanah habis dimakan oleh mereka. Cangkang telor yang diremas kasar ialah pertahanan yang bagus untuk melawan siput. Badan mereka yang lunak, tak akan bisa via remasan kulit telor yang tajam. Taburkan remasan kulit telor disekeliling tanaman muda supaya tak diserang siput

remasan cangkang telor



3.  Remasan cangkang untuk pengisi pot.

         Ini adalah solusi penyediaan kalsium dan potassium untuk jangka panjang. Remaslah cangkang telur dan letakkan didasar pot atau campur dengan media tanam. Cangkang itu pelan pelan akan hancur dan menjadi nutrisi tanaman dalam jangka panjang.


4.  Bubuk cangkang telur

kulit telur blender
diblender

eggshell fertilizer
Campur bersama bahan organik untuk dikompos

Cangkang telur dapat diblender atau ditumbuk sampai halus kemudian disimpan (dijadikan stok). Penggunaannya :

    bisa ditaburkan disekeliling tanaman, 
    bisa dicampurkan dengan media tanam,
    bisa juga ditaburkan dalam komposter sebagai salah satu bahan organik yang akan dikomposkan. Kompos yang sudah matang, akan kaya kalsium berkat bubuk cangkang itu.

Baca Juga :

Menurut Gillman, dosisnya adalah kira kira 5 cangkang pertanaman. Pemberiannya setahun sekali.

Catatan Penting !!

         Sebelum digunakan, telur mesti dibersihkan dari sisa sisa protein telur. Hal ini untuk menghindari bau busuk (saya jamin, baunya sangat menjijikkan bila terlanjur busuk), juga untuk menghindari berkembang biaknya salmonella yang berbahaya. Setelah dicuci, keringkan dengan cara diangin angin atau dijemur.
         Jangan terlalu sering meletakkan cangkang telur kedalam tanah, karena dapat mereduksi pH tanah. Cukup setahun sekali dalam bentuk padat, dan seminggu sekali dalam bentuk cair.
         Untuk mendapatkan cangkang dalam jumlah banyak, datangi saja tukang martabak atau tukang indomi. Mereka punya banyak dan bakalan dibuang. Kalau tidak, sediakan tempat khusus dirumah, dan beritahu keluargamu, agar membuang cangkang telur ditempat itu. Segera cuci dan keringkan. Simpanlah stok dalam bentuk bubuk.


Demikianlah Artikel Cara Terbaik Memanfaatkan Kulit Telur Untuk Tanaman

Sekianlah artikel Cara Terbaik Memanfaatkan Kulit Telur Untuk Tanaman kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Terbaik Memanfaatkan Kulit Telur Untuk Tanaman dengan alamat link http://www.agrobis123.com/2018/03/cara-terbaik-memanfaatkan-kulit-telur.html

0 Response to " Cara Terbaik Memanfaatkan Kulit Telur Untuk Tanaman"

Posting Komentar

Ayo gabung di Info Pertanian