TOKO AGROBIS

PRODUK
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik LDPE, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, Kantong Sampah Plastik, dll.


HUBUNGI KAMI
• SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950
• Phone/Fax:031-8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Metode Menanam Pohon Kesemek yang Benar

Metode Menanam Pohon Kesemek yang Benar - Hallo sahabat Pusat Informasi Agrobis, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Metode Menanam Pohon Kesemek yang Benar, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Budidaya Pepaya, Artikel Cara Budidaya Stowberi Dalam Polybag, Artikel Polybag Murah, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Metode Menanam Pohon Kesemek yang Benar
link : Metode Menanam Pohon Kesemek yang Benar

Baca juga


Metode Menanam Pohon Kesemek yang Benar

         Bagaimana langkah - langkah menanam pohon kesemek yang benar? Kesemek (Diospyros kaki) merupakan tanaman buah yang tergolong dalam famili Ebenaceae. Di Indonesia, tanaman ini dikenal juga dengan sebutan buah kaki. Buah kesemek berbentuk bulat dengan diameter 2-8 cm. Bila buahnya sudah matang, warnanya akan berubah menjadi kuning dan sedikit jingga hingga kuning kemerahan bila sudah matang.
         Pohon kesemek dapat tumbuh dengan ketinggian mencapai 15 m, batangnya pendek dan bengkok. Daun kesemek berwarna hijau kekuning-kuningan dan sedikit mengkilap, berbentuk bundar seperti telor, dan berukuran sekitar 5 x 25 cm. Pada musim tertentu, pohon kesemek akan menggugurkan daunnya.

Untuk dapat menanam pohon kesemek, anda dapat meniru langkah - langkah berikut ini :

Langkah 1 : Persiapan Benih

         Tanaman kesemek dapat dikembangbiakkan melalui biji, okulasi, cangkok, dan pemisahan akar. Dari ketiga sistem hal yang demikian, bibit yang berasal dari okulasi akan lebih cepat menghasilkan buah. Caranya yakni siapkan cabang pohon kesemek yang telah berbuah sebagai komponen atas, dan siapkan juga batang kesemek hasil dari biji sebagai komponen bawah. Sambungkan kedua komponen tanaman yang telah disiapkan agar menyatu. Rawat dengan sistem penyiraman secara teratur. Setelah bibit berumur sekitar 1-2 pekan, anda dapat memindahkannya ke tempat penanaman.

Langkah 2 : Persiapan Penanaman

         Pohon kesemek sebaiknya ditanam langsung di tanah, bukan mengaplikasikan pot atau polybag. Mulailah penanaman dengan menyiapkan lubang tanam secara khusus dulu yang memiliki ukuran 50 x 50 x 50 cm. Masukkan pupuk sangkar ke dalam lubang ini hingga memenuhi 2/3 dari sempurna volumenya. Diamkan lubang tanam ini selama 2-3 pekan agar kondisinya normal kembali.

Langkah 3 : Penanaman Benih

         Benih kesemek yang telah jadi dapat ditanamkan ke dalam lubang tanam. Waktu penanaman yang paling pas yakni pada pagi hari atau petang hari pada saat permulaan musim penghujan. Lepaskan bibit dari polybag, kemudian pindahkan ke lubang penanaman dengan hati-hati, agar akarnyac tidak sampai rusak. Setelah itu, tutup komponen bawah bibit ini menggunakan tanah di sekitarnya. Kemudian siram dengan air secukupnya untuk meningkatkan kelembapan udara sehingga bibit bisa mengikuti situasi dengan baik.

    
      Baca Juga :
Langkah 4 : Pemeliharaan Tanaman

         Pemeliharaan tanaman mencakup pembersihan lahan dari gulma yang tumbuh di sekitar pohon kesemek. Lakukan pemupukan susulan setiap-setiap 2-3 bulan sekali dengan memanfaatkan pupuk sangkar. Kerjakan pula pembatasan kepada hama dan penyakit pantas gejala-gejala yang timbul. Direkomendasikan untuk memangkas tanaman secara terprogram   untuk menstimulus pertumbuhannya, termasuk membentuk bakal buah.

Langkah 5 : Pemanenan Buah

         Buah-buah kesemek yang telah matang cukup gampang dikenali. Beberapa ciri-ciri yang timbul di antaranya warna kulitnya berubah dari hijau pucat menjadi kuning jingga atau kuning kemerahan, diameternya membesar hingga 5-8 cm, dan memiliki wewangian yang kuat. Metode pemanenannya merupakan memotong tangkai buahnya menggunakan pisau yang dipasang pada bambu (egrek).


Demikianlah Artikel Metode Menanam Pohon Kesemek yang Benar

Sekianlah artikel Metode Menanam Pohon Kesemek yang Benar kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Metode Menanam Pohon Kesemek yang Benar dengan alamat link http://www.agrobis123.com/2018/03/metode-menanam-pohon-kesemek-yang-benar.html

0 Response to "Metode Menanam Pohon Kesemek yang Benar"

Posting Komentar

Ayo gabung di Info Pertanian