TOKO AGROBIS

PRODUK
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik LDPE, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, Kantong Sampah Plastik, dll.


HUBUNGI KAMI
• SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950
• Phone/Fax:031-8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Tips Cara Membasmi Hama Wereng Pada Tanaman Padi

Tips Cara Membasmi Hama Wereng Pada Tanaman Padi - Hallo sahabat Pusat Informasi Agrobis, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tips Cara Membasmi Hama Wereng Pada Tanaman Padi, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Budida Padi Di Polybag, Artikel Cara Budidaya Tanaman Cabai Merah, Artikel Jual Polybag, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tips Cara Membasmi Hama Wereng Pada Tanaman Padi
link : Tips Cara Membasmi Hama Wereng Pada Tanaman Padi

Baca juga


Tips Cara Membasmi Hama Wereng Pada Tanaman Padi


         Untuk para petani perlu diketahui bahwa hama wereng merupakan salah satu hama yang sangat ditakuti petani setelah hama tikus. Para petani menganggap kalau hama wereng sangat sulit dikendalikan, hal ini disebabkan karena para petani biasanya mengetahui atau mengenal serangan wereng setelah terjadi serangan parah. Jika tanaman padi sudah berwarna kemerah - merahan dan kering itu bertanda kalau hama wereng pasti sulit untuk di kendalikan.
Hama wereng mempunyai berbagai jenis, diantaranya ialah wereng cokelat, Wereng hijau, dan Wereng loreng.
Wereng cokelat dalam bahasa latin disebut nilaparvata lugens.
Wereng hijau dalam bahasa latin disebut Nephotettix virescens Distant.
Wereng loreng dalam bahasa latin disebut Recilia dorsalis.
Berikut adalah cara untuk membasmi hama wereng pada tanaman padi. Simaklah dibawah ini :

Langkah pencegahan :
  1.     Bersihkan gulma atau singkirkan gulma dari sawah dan zona sekitarnya.
  2.     Hindari pengaplikasian pestisida secara tidak ideal, sebab akan menyebabkan kerusakan pada tanaman.
  3.     Gunakan varietas bendung wereng seperti ciherang, mekongga, dan cigeulis.
  4.     Gunakan varietas bendung tungro seperti ir-50, IR-64, ci tanduy, dodokan, IR-6, IR-70, barumun, kelara, memberamo, IR0-36, IR-42, pada tempat semeru, ciliwung, Kr.aceh, sadang, cisokan, bengawan, citarum, dan serayu. Karena akan menyebabkan kerusakan pada tanaman.
  5.     Jumlah kritis : pada kepadatan 1 wereng cokelat atau batang, masih ada penekan populasi.
  6.     Observasi wereng di persemaian tiap-tiap hari, atau tiap-tiap pekan setelah tanam pindah pada batang dan permukaan air. Periksa kedua sisi persemaian pada tanaman yang lebih tua, pegang tanaman dan rebahkan sedikit dan tepuk dengan pelan dan dekatkan pada bagian basal untuk memandang kalau ada wereng yang jatuh ke permukaan air.
  7.     Pakai jebakan sinar pada waktu malam dikala tampak ada gejala serangan wereng. Jangan tempatkan sinar dekat persemaian atau sawah. Sekiranya kalau  jebakan sinar diserbu oleh berates wereng, berarti persemaian sawah perlu diperiksa, lalu observasi setiap hari dan pergantian minggu selanjutnya.
  8.     Pupuk lengkap (NPK), dosis 250 kg urea, 100 kg.
  9.     SP36, dan 100 kg KCl/ha bisa menolong upaya SP 36, dan 100 kg KCl/ha bisa menolong upaya pencegahan.
            Baca Juga :
Supaya tanaman kita tidak di serang hama wereng.
Pakai Pestisida
         Untuk mengusir hama wereng gunakan pestisida yang banyak tersedia di kios pertanian di sekitar anda.
Pakai Pestisida Alami
         Pilihan lain dalam mengusir hama wereng adalah dengan metode membuat pestisida natural, adalah pestisida yang dibuat sendiri oleh kita. Model pemakaian pestisida natural adalah membuat pestisida lamai dengan menggunakan biji mahoni dan biji atau daun sirsak. Caranya adalah tumbuklah daun sirsak, rimpang  jeringau, dan bawang putih hingga halus, kemudian campur dengan sabun colek. Campuran tersebut kemudian direndam dalam air 20 liter selama dua hari. Selanjutnya saring larutan dengan kain halus dan siap dipakai. Setiap 1 liter air filter diencerkan dalam 15 liter air, kemudian disemprotkan pada bagian bawah tanaman padi hingga merata.
         Kecuali dengan metode di atas juga ada metode yang natural lagi adalah dengan metode buah kecubung dua butir dan akar jenu atau tuba  1 kg dan air 1 liter. Cara yang terakhir yakni dengan cara mencampurkan semua bahan menjadi satu lalu ditumbuk, selanjutnya diaduk dan diseduh hingga mendidih. Dinginkan dan kemudian saring airnya dan bahan siap dipakai dengan mencampurkan 16 liter air.


Demikianlah Artikel Tips Cara Membasmi Hama Wereng Pada Tanaman Padi

Sekianlah artikel Tips Cara Membasmi Hama Wereng Pada Tanaman Padi kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tips Cara Membasmi Hama Wereng Pada Tanaman Padi dengan alamat link http://www.agrobis123.com/2018/03/tips-cara-membasmi-hama-wereng-pada.html

0 Response to "Tips Cara Membasmi Hama Wereng Pada Tanaman Padi"

Posting Komentar

Ayo gabung di Info Pertanian