TOKO AGROBIS

PRODUK
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik LDPE, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, Kantong Sampah Plastik, dll.


HUBUNGI KAMI
• SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950
• Phone/Fax:031-8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Budidaya Bandeng di Kolam Terpal

Budidaya Bandeng di Kolam Terpal - Hallo sahabat Pusat Informasi Agrobis, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Budidaya Bandeng di Kolam Terpal, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Budidaya Ikan, Artikel Budidaya Ikan Bandeng, Artikel Kolam Terpal, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Budidaya Bandeng di Kolam Terpal
link : Budidaya Bandeng di Kolam Terpal

Baca juga


Budidaya Bandeng di Kolam Terpal

Budidaya Ikan Bandeng
Ikan bandeng adalah salah satu spesies ikan yang tinggal di air payau  yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Jenis Ikan ini telah banyak dikenal oleh sebagian besar masyarakat luas sebab termasuk salah satu sumber protein hewani yang memiliki nilai gizi yang tinggi dan juga ditunjang dengan cita rasanya yang nikmat dan mempunyai kandungan kolesterol yang rendah jadi aman guna kesehatan.

Pengolahan produk ikan bandeng yang makin hari makin meningkat seperti sekarang ini, contoh saja bandeng presto yang seluruh tulang serta durinya menjadi lunak, yang mengakibatkan meningkatnya jumlah yang mengkonsumsi ikan bandeng ini, maka menjadikan permintaan pasar akan ikan bandeng terus mengalami peningkatan. Untuk Anda yang tertarik membudidayakan bandeng ini, ada beberapa cara budidaya ikan bandeng dengan menggunakan beberapa media budidaya, seperti contohnya di kolam terpal yang dapat Anda ikuti serta coba sebagai berikut.

1. Persiapan Kolam
Persiapkan lahan yang sesuai dengan tingkat keperluan budidaya ikan bandeng Anda dengan terpal kolam yang dapat di beli pada beberapa tempat yang menjual terpal plastik untuk kolam. Sesudah itu Anda dapat langsung membuat lubang kolam dengan ukuran luas yang di sesuaikan dengan keperluan Anda. Sesudah itu barulah Anda tutup di bagian bawah kolam dengan memakai terpal kolam. Jangan lupa juga guna selalu mengingat untuk memasang pengait di tiap sisi terpal supaya tak mudah bocor atau tertarik.

Jual Terpal Plastik
Sesudah terpal dipasang dengan baik, lalu Anda masuk ke tahap persiapan kolam berikutnya yaitu dengan menyebarkan saponin sama seperti cara budidaya ikan mujair yakni dengan menebarnya langsung ke kolam yang sudah diisikan air sebelumnya. Cara ini berfungsi untuk membunuh ikan-ikan ataupun apa saja yang dapat memangsa bibit ikan ataupun merusak bibit ikan bandeng yang telah Anda persiapkan.

2. Kualitas & Suhu Air
Jika Anda ingin menghasilkan ikan bandeng yang memiliki kualitas tinggi setidaknya Anda perlu mempertahankan kualitas air yang baik serta pula terbebas dari berbagai ancaman penyakit. Tak hanya kualitas air, yang juga perlu diperhatikan adalah mengenai suhu air. Beberapa peternak ikan pasti sudah mengetahui suhu air bakal mempengaruhi kelangsungan hidup ikan. Serta guna ikan bandeng sendiri, mereka umumnya hidup di air dengan suhu berkisar 26-32 derajat celcius. Selalulah jaga suhu kolam ikan berada di kisaran suhu yang telah di sebutkan tadi supaya kualitas dari pada ikan bandeng Anda akan terjaga.

3. Lokasi Kolam
Dalam hal ini, bukan berarti Anda harus memilih lokasi dari pada kolam yang wajib sesuai. Namun yang sebetulnya penting adalah Anda memilih lokasi kolam yang mana kondisi pH dari kolam ikan tersebut akan di jadikan media budidaya yang ideal guna di jadikan media kolam bandeng. Beberapa riset menjelaskan jika lokasi tambak ikan yang baik guna bandeng ialah kolam yang mempunyai kondisi pH antara 7- 8.

Angka pH tersebut adalah salah satu hal yang paling penting supaya mampu menghasilkan bandeng yang berkualitas unggulan dan bagus. Sesudah itu Anda pun wajib guna menyediakan kolam pembesaran untuk ikan bandeng. Umumnya untuk besarannya sendiri harus menyesuaikan akan keutuhan dari ikan bandeng yang bakal di tampung. Usahakan kolam pembesaran besarnya dapat menampung sekitar 100 ekor ikan bandeng.

4. Penyebaran Benih
Sebelum Anda menebar benih ikan bandeng di kolam terpal. Alangkah lebih baik jika Anda memilih ataupun sortir lebih dahulu benih ikan bandeng yang Anda telah siapkan. Sortirlah benih mana saja yang memang cocok untuk Anda kembangbiakan. Apabila sudah, Anda baru dapat menebar benih yang telah disiapkan ke dalam kolam. Wajib diingat jumlah benih perlu berjumlah cukup serta sesuai dengan ukuran ataupun luas kolam yang telah Anda siapkan tadi.

Kolam Ikan Dari Terpal Plastik
5. Perawatan & Pemeliharaan 
Untuk pemberian pakan dari ikan bandeng ini. Dalam hal pemberian pakan, saat ini telah banyak beredar pakan-pakan instant yang dapat dibeli secara langsung di toko yang menjual pakan ikan tambak. Tetapi tak sedikit juga yang membuat makanan ikan bandeng sendiri. Jikalau Anda berniat membuat pakan ikan sendiri, terdapat beberapa tahap ataupun campuran yang mana harus memenuhi keperluan nutrisi dari ikan bandeng tersebut. Sesudah Anda telah menyiapkan dan mempunyai pakan ikan bandeng, pemberian pakan dapat di berikan sebanyak 2-3 kali sehari, disesuaikan dengan usia dari ikan bandeng.

Selalu jaga kestabilan pada suhu air serta juga unsur-unsur yang dapat membuat bibit ikan bandeng Anda rusak. Dan jika terdapat hama seperti gangga, Anda dapat membersihkannya sekitar 14-30 hari sekali jika di perlukan. Kerjakan perawatan tadi dengan berkala sampai ikan bandeng Anda nampak cukup besar serta apabila perkembangannya tak merata, pisahkan ikan bandeng sesuai dengan ukuran serta juga bobotnya ke kolam pembesaran yang telah disiapkan di awal.

6. Pemanenan Ikan
Di dalam proses panen ini umumnya setiap tambak mempunyai ukuran masing-masing, tetapi umumnya ikan yang mempunyai bobot sekitar 100-600 gram tiap ekor telah siap untuk di distribusikan ke para masyarakat. Selain ukuran, cara pemanenan ikan bandeng ini setiap pembudidaya ikan dapat seperti mengurangi debit air tambak sampai hanya sebatas ikan bandeng serta lalu di tangkap dengan memakai jaring sebab ikan bandeng akan gampang terlihat saat air disurutkan.



Demikianlah Artikel Budidaya Bandeng di Kolam Terpal

Sekianlah artikel Budidaya Bandeng di Kolam Terpal kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Budidaya Bandeng di Kolam Terpal dengan alamat link http://www.agrobis123.com/2018/05/budidaya-bandeng-di-kolam-terpal.html

0 Response to "Budidaya Bandeng di Kolam Terpal"

Posting Komentar

Ayo gabung di Info Pertanian