TOKO AGROBIS

PRODUK
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Bagor (roll), Terpal Plastik, Plastik LDPE, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran (Tali Gawar), Plastik Sungkup, Kantong Sampah Plastik, dll.


HUBUNGI KAMI
• SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950
• Phone/Fax:031-8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Budidaya Belut di Kolam Terpal

Cara Budidaya Belut di Kolam Terpal - Hallo sahabat Pusat Informasi Agrobis, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Budidaya Belut di Kolam Terpal, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Budidaya Belut, Artikel Kolam Terpal, Artikel Perikanan, Artikel Terpal Plastik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Budidaya Belut di Kolam Terpal
link : Cara Budidaya Belut di Kolam Terpal

Baca juga


Cara Budidaya Belut di Kolam Terpal

Budidaya Belut di Kolam Terpal
Belut, siapa yang tak kenal dan suka dengan ikan yang satu ini? Ikan yang populer karena badannya yang licin sekali ketika dipegang ternyata mempunyai kandungan protein yang amat tinggi, maka sangat bagus pula guna menunjang kesehatan tubuh Anda, pastinya dengan cara mengkonsumsi dan memakannya dalam batas yang wajar.

Beberapa diantara jenis belut sendiri yang paling banyak dibudidayakan ialah belut jenis sawah atau lebih dikenal dengan nama latin Monopterus Albus. Ikan belut ini umumnya tumbuh liar pada lahan pekarangan sawah yang lembab dan basah serta hampir tersebar di seluruh penjuru Indonesia dapat dijumpai ikan belut jenis ini.

Sebab kenikmatan rasanya yang begitu lezat kalau dimakan serta kandungan proteinnya yang cukup tinggi sampai menyamai daging sapi serta kambing ini menjadikan ikan belut memiliki nilai ekonomis yang lumayan tinggi. Tak salah kalau harga seporsi ikan belut ini di jual hingga 20.000 untuk patokan harga di warung sederhana kebanyakan.

Kalau belut mempunyai nilai ekonomis yang lumayan tinggi, pastinya peluang Anda akan makin lebar guna meraup untung dari ikan belut ini dengan cara membudidayakannya sendiri. Tetapi, apakah Anda sudah mengetahui dan paham akan cara budidaya ikan belut ini jika dengan menggunakan sistem yang cukup modern? Kalau belum, maka Anda perlu menyimak ulasan yang akan dipaparkan berikut.

Cara membudidayakan ikan belut dengan kolam terpal ialah teknologi yang baru kali ini tercetus dan sudah dikembangkan oleh para peternak atau pembudidaya ikan belut. Tak hanya belut, teknologi budidaya ikan yang dilakukan di kolam terpal sendiri dapat pula diterapkan untuk ikan lainnya semisal ikan lele, gurame, nila, pating dan lain sebagainya.

Penentuan Lokasi
Budidaya belut cukup lebih sulit ketika dikerjakan, tak sama seperti budidaya lele atau ikan lainnya yang perawatannya tak memerlukan perhatian khusus. Berikut ini beberapa ketentuan untuk lokasi yang baik guna dilakukan langkah budidaya ikan belut.

Pada umumnya ikan belut mampu dibudidayakan pada segala tempat, tak terpengaruh oleh keadaan iklim serta kelembaban udara. Walau tak terpengaruh terhadap kondisi iklim serta kelembaban udara, namun belut cukup rentan terhadap area lingkungan yang tak kondusif, seperti conothnya limbah, sampah beracun serta obat kimia.

Budidaya Belut di Kolam Terpal
Temperatur pada udara yang paling baik guna budidaya belut adalah sekitar 25-31 derajat celcius. Pilihlah lokasi yang tak terkena matahari langsung atau penuh, ikan belut memerlukan cahaya matahari secukupnya saja, lebih lagi ketika proses pembibitan belut.

Persiapan Alat & Kolam
Langkah yang pertama ialah menyiapkan alat serta wadah guna budidaya belut. Karena akan menerapkan budidaya belut dengan kolam terpal, maka yang perlu Anda persiapkan ialah terpal guna membuat kolam. Guna pembuatannya Anda dapat improvisasikan sendiri, dapat dengan memakai bambu ataupun kayu guna menopang terpalnya nanti supauya tak roboh saat diisi air.

Dalam proses budidaya belut sendiri Anda memerlukan sebanyak 4 kolam terpal. Kolam tersebut Anda pakai guna pemijahan belut, pendederan dikerjakan pada bibit belut 1-2 cm, kolam guna belut remaja serta guna proses pemeliharaan belut konsumsi. Yang harus Anda perhatikan juga adalah rutinlah menyortir belut menurut ukurannya sebab belut memiliki sifat kanibal dan karnivora, belut bisa saja memangsa belut lain yang berukuran lebih kecil dari bentuk tubuhnya.

Persiapan Benih
Benih belut yang unggul serta berkualitas bakal mempengaruhi kesuksesan Anda dalam budidaya belut. Salah ketika memilih bibit bakal mengakibatkan belut yang Anda budidaya kurang optimal serta lambat pertumbuhannya. Benih belut yang unggul serta berkualitas setidaknya akan mempunyai ciri fisik yang sehat, gerakan lincah, kulit cerah, serta juga tak berpenyakit seperti jamur, bintik merah serta penyakit lain yang menyerang belut.

Pemeliharaan & Perawatan
Jual terpal Plastik Untuk Kolam
Belut sendiri termasuk hewan yang sedikit rentan terhadap pergantian cuaca yang tak menentu dan ekstrim. Selama tahap budidaya selalu jaga keadaan lingkungan sekitar serta temperatur pada kolamnya, usahakan juga untuk selalu menjaga suhu optimal yakni sektiar 25-31 derajat celcius.

Pemanenan & Pasca Panen
Untuk cara memanen belut di kolam terpal sendiri cukuplah tergolong sangat mudah. Anda dapat langsung menjaringnya tanpa harus risau belutnya akan bersembunyi di lubang-lubang, tak seperti belut yang ada kolam tanah yang kerap bersembunyi pada lubang didalam tanah.

Biasanya belut bisa Anda panen sesudah umur 3 bulan sejak penebaran benih. Belut yang telah Anda panen lebih baik segera Anda sortir atau pisahkan menurut besar ataupun panjangnya, sebab untuk kisaran harga belut dapat berbeda-beda tergantung juga dari berat dan kualitas belutnya.



Demikianlah Artikel Cara Budidaya Belut di Kolam Terpal

Sekianlah artikel Cara Budidaya Belut di Kolam Terpal kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Budidaya Belut di Kolam Terpal dengan alamat link http://www.agrobis123.com/2018/06/cara-budidaya-belut-di-kolam-terpal.html

0 Response to "Cara Budidaya Belut di Kolam Terpal"

Posting Komentar

Ayo gabung di Info Pertanian